Akhir pekan memang menyenangkan untuk bisa liburan. Tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk bisa liburan menyenangkan sambil basah-basahan.

Maklum, liburan di kota, khususnya DKI Jakarta sangat susah untuk mendapatkannya. Setiap hari, hanya pemandangan pusat perbelanjaan.

Nah, biar tidak bosan untuk menekan kebosanan kerjaan, akhir pekan lalu aku mencoba memberanikan diri untuk wisata basah-basahan.

Berenang di wild river Waterbom PIK. Foto: Nur Rahman Hariyadi
Berenang di wild river Waterbom PIK. Foto: Nur Rahman Hariyadi

Sebenarnya aku tidak bisa berenang. Namun aku masih penasaran untuk main basah-basahan, entah seluncuran atau sekadar main di ban pelampung.

Akhirnya aku memesan taksi online untuk menembus kemacetan Ibu Kota menuju Pantai Indah Kapuk. Sebenarnya jarak dari rumah di Salemba, Jakarta Pusat menuju lokasi Waterbom Pantai Indah Kapuk (PIK) tidak terlalu jauh.

Masalahnya, macet yang bikin lokasi itu semakin jauh. Apalagi saat itu harus menembus kemacetan di Jalan Gunung Sahari, terutama di dekat kawasan Ancol. Namun setelah masuk tol, lalu lintas makin lancar hingga ke lokasi di PIK.

Untuk menembus kemacetan via taksi online itu, aku harus mengeluarkan Rp 100 ribu. Ternyata aku salah perhitungan. Sesampainya di lokasi Waterbom PIK, ternyata di sana ada rute TransJakarta dari Balai Kota dan cukup membayar Rp 3.500 saja.

Agak menyesal sih, sudah dikasih transportasi murah malah memilih yang mahal. Hahaha..Tapi tidak apa-apa. Jadikan pengalaman. Kalau tidak begini, tidak jadi liburan donk..hehe..

Setelah menembus kemacetan hampir dua jam, akhirnya tiba juga di Waterbom PIK. Saat itu, cuaca cukup terik. Beruntung di lokasi tidak hujan meski saat berangkat sempat mendung. Maklum, cuaca Jakarta kini susah diprediksi.

Lebih enaknya lagi, di dalam Waterbom PIK banyak pepohonan sehingga sejuk meski di tengah terik siang matahari. Kalau kepanasan, tinggal nyemplung lagi ke kolam..hehe..

Untuk masuk Waterbom PIK, dilarang membawa makanan dan minuman dari luar. Semua makanan dan minuman juga disediakan di dalam lokasi, tapi tetap membayar sendiri ya..

Setelah membayar tiket masuk, kita akan masuk pintu gerbang. Petugas akan memeriksa tas, apakah masih membandel membawa makanan/minuman dari luar.

Setelah lolos seleksi (ceileehh), kita akan dipersilakan masuk. Kita bisa belok kiri ke area penitipan barang sekaligus ruang ganti pakaian.

Di sini, kita harus deposit Rp 100 ribu untuk mendapatkan gelang khusus. Sekitar Rp 50 ribu untuk penyewaan loker keluarga (karena untuk 2 orang dalam satu loker) dan Rp 20 ribu untuk garansi gelang. Sekitar Rp 30 ribu bisa digunakan untuk berbelanja di merchant yang ada, misal untuk makan dan minum di sekitar wahana.

Tempat registrasi loker di Waterbom PIK, Jakarta. Foto: Didik Purwanto
Tempat registrasi loker di Waterbom PIK, Jakarta. Foto: Didik Purwanto

Gelang ini bisa digunakan untuk transaksi yang mengharuskan pembayaran, seperti membeli makanan atau minuman di kafetaria. Sisa saldo juga bisa diambil sebelum meninggalkan lokasi.

Di sini juga disediakan penyewaan handuk, celana renang, hingga baju renang untuk muslimah lo..Jadi tidak perlu khawatir kalau tidak memiliki perlengkapan untuk basah-basahan.

Selepas menaruh tas dan perlengkapan, kita diberi loker khusus dengan empat kode angka yang bisa disetel dan harus diingat masing-masing penyewa. Nah, baru deh sekarang mulai nyebur buat basah-basahan.

Waterbom PIK seluas 38 ribu meter persegi ini memiliki 12 wahana seru yang patut dicoba, mulai dari yang ringan-ringan sampai adrenalin tinggi.

1. Aquatube
Berupa tiga jenis seluncuran (tertutup, setengah terbuka, dan terbuka). Tube (ban) akan meluncur cepat sepanjang slide yang berbentuk tabung berkelok-kelok serta berakhir di kolam air.

Wahana Aquatube di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK.
Wahana Aquatube di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK.

Buat anak kecil, pastikan memiliki ketinggian yang dipersyaratkan ya untuk main wahana ini. Jangan sampai yang belum cukup tinggi bermain di wahana ini karena bisa meluncur bebas tanpa ban. Kan bahaya jadinya. Buat orang tua wajib waspada.

Buat yang punya adrenalin, bisa mencoba yang setengah terbuka. Yang paling seru berputar di seluncuran warna kuning. Agak mendebarkan saat menjelang masuk lorong. Coba saja.

Wahana Aquatube di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK
Wahana Aquatube di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK

2. Speed Slide
Ini seluncuran paling cepat di Waterbom PIK. Seluncuran pertama akan menukik cepat melewati lintasan dengan dua gelombang dan berakhir di trek lurus (trek kuning). Seluncuran kedua akan berputar dua kali, berbelok, dan meluncur sangat cepat di trek lurus (trek hijau).

Wahana Speed slide di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK
Wahana Speed slide di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK

Aku tidak berani naik wahana ini karena takut ketinggian meski hanya 20,7 meter. Hanya temanku yang berani mencoba. Hehe..

Wahana Speed slide di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK
Wahana Speed slide di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK

3. The Hairpin
Wahana ini berupa seluncuran terbuka berbentuk tusuk konde. Setelah tube berputar melingkar, meluncur terus turun ke bawah dan berakhir di kolam air.

Peluncurnya bisa muat empat orang. Wahana ini seperti sensasi mencoba arung jeram di udara.

Wahana Hairpin di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK
Wahana Hairpin di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK

Awalnya, aku sudah siap naik wahana ini. Tapi sampai di dekat tube (ban), kakiku bergetar, jantungku berdegup kencang. Ternyata aku tidak berani naik wahana ini. Haha..aku suruh temanku untuk naik karena dia punya adrenalin luar biasa.

Wahana Hairpin di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK
Wahana Hairpin di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK

By the way dari wahana ini, khususnya saat di atas sebelum naik tube, kita bisa melihat lokasi untuk golf. Pemandangan semakin indah di sore hari menjelang matahari terbenam sambil melihat lalu lintas dan ruko di sekitar Waterbom PIK.

4. The Whizzard
Wahana seluncuran kembar yang sejajar dengan lintasan berbentuk terowongan. Berhubung aku masih ketakutan, aku suruh temanku untuk mencobanya. Seru dan mendebarkan karena menggunakan matras sebagai alat untuk meluncur.

Wahana Whizzard di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK
Wahana Whizzard di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK

5. Twizter
Wahana berupa seluncuran berbentuk cawan raksasa. Meluncur dengan kecepatan sedang sepanjang terowongan, menukik dan keluar sambil berputar di sepanjang dinding cawan raksasa selama beberapa kali.

Wahana Twizter di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK
Wahana Twizter di Waterbom PIK. Sumber foto: Waterbom PIK

Nah, yang seru sambil menunggu sebelum masuk terowongan kedua dan berakhir di kolam.

6. Wild River
Ini wahana paling ringan karena hanya bersantai di atas sebuah ban menyusuri sebuah sungai buatan yang mengalir mengelilingi wahana Waterbom.

Buat yang mau berenang ringan dengan arus lambat cocok banget. Buat yang manja-manja dengan pasangan atau anak juga enak. Apalagi di tengah suasana rindang dan sejuk, melupakan kepenatan dari rutinitas kerjaan.

7. Water Blazter
Wahana permainan untuk anak yang melatih kemampuan bidik. Lontarkan balon air ke arah lawan dan arahkan tepat di titik merah. Bila sirine berbunyi tanda balon mengenai sasaran, bersiaplah melihat musuh basah kuyup disembur air.

Wahana Water Blazter. Foto: Didik Purwanto
Wahana Water Blazter. Foto: Didik Purwanto

8. Kiddy Slides
Wahana untuk anak berupa papan seluncuran mini. Mohon orangtua tetap waspada melihat anak-anaknya bermain ya..

Lokasi wahana ini juga berdekatan dengan kafetaria. Jadi orang tua bisa mengawasi anak bermain sambil makan-makan.

9. Kiddy Pool
Wahana kolam air untuk anak usia hingga 5 tahun. Kedalaman kolam hanya 40 cm. Namun orangtua tetap harus memantau anak bermain.

10. Pleasure Pool
Wahana ini pas aku ke sana ramai digunakan untuk volly. Bedanya lapangan tetap di kolam air. Ringnya juga ada seperti main volly biasa.

11. Bomblazter
Wahana taman bermain dengan 4 medium dan 3 seluncuran mini, keranjang air raksasa, semprotan air, alat permainan interaktif. Biasanya banyak anak kecil bermain di wahana ini. Namun orang dewasa juga banyak yang penasaran karena bentuk wahananya menakjubkan.

Wahana Bom Blazter di Waterbom PIK. Sumber foto: Flickr
Wahana Bom Blazter di Waterbom PIK. Sumber foto: Flickr

12. Bermain kayak dan river cruiser
Fasilitas bersantai dengan perahu karet mengelilingi Wild River. Kayak bisa digunakan untuk dua orang bersamaan. Namun untuk river cruiser hanya dapat dinaiki satu orang.

Anda dapat mengelilingi wild river sepanjang 345 meter. Untuk bisa bermain wahana ini, kayak disewakan sekitar Rp 35 ribu.

Tips buat yang mau main ke Waterbom PIK, usahakan membawa uang secukupnya karena makanan dan minuman dari luar dilarang dibawa masuk. Selain itu, siapkan ponsel antiair atau action cam lengkap dengan peralatan antiairnya.

Jika tidak mau repot, tim dari Waterbom PIK menyediakan jasa pemotretan khusus. Saat pulang, kita bisa mencetaknya.

Tips lagi, siapkan peralatan mandi (sabun, shampoo dan semacamnya). Di area bilas tidak menyediakan peralatan mandi. Jadi usahakan bawa peralatan secukupnya agar sebelum dan selepas bermain di Waterbom PIK tetap ceria.

Menikmati tube di wild river Waterbom PIK. Sumber foto: Didik Purwanto
Menikmati tube di wild river Waterbom PIK. Sumber foto: Didik Purwanto

Nah, asyik kan? Bermain di Waterbom PIK ini memang seru. Kalau mau ke sini, wahana yang beroperasi sejak 27 Oktober 2007 itu buka setiap hari. Khusus hari kerja buka pukul 10.00-21.00 WIB. Untuk Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional buka pukul 08.00-21.00 WIB.

Tiket masuknya sekitar Rp 170 ribu (dewasa) dan Rp 100 ribu (anak) untuk hari kerja. Untuk akhir pekan sekitar Rp 270 ribu (dewasa) dan Rp 170 ribu (anak).

Beruntung aku mendapatkan tiket promo murah meriah dari Bambideal.id. Website daily deals yang menawarkan produk dan jasa dari toko offline tersebut memberikan kupon diskon wahana Waterbom PIK hanya Rp 85 ribu dari harga resminya. Murah banget, kan?

Kok bisa sih?

Makanya buka dulu website Bambideal.id. Di situ kita bisa pilih beragam voucher diskon mulai dari makanan, kecantikan, dan penawaran lainnya. Pokoknya semua ditawarkan murah meriah, bahkan diskon hingga 90 persen. Untuk mengetahui promo voucher diskonnya bisa diintip melalui akun instagram BambiDeal.

Tampilan situs BambiDeal.id dengan beragam voucher diskon. Foto: Didik Purwanto
Tampilan situs BambiDeal.id dengan beragam voucher diskon. Foto: Didik Purwanto

Untuk bisa mendapatkan voucher diskon tersebut, cukup daftar dengan memasukkan nama, alamat surat elektronik (e-mail). Kalau malas, bisa menggunakan akun Facebook atau Google Plus. Nah, kita sudah bebas untuk berburu kupon diskon.

Tampilan situs BambiDeal.id yang mengharuskan registrasi. Foto: Didik Purwanto
Tampilan situs BambiDeal.id yang mengharuskan registrasi. Foto: Didik Purwanto

Kalau sudah dapat voucher kupon yang diinginkan, kita bisa membayar melalui transfer atau BD Wallet. Ini semacam dompet digital yang harus diisi dengan transfer bank.

Tampilan BD Wallet, sisa saldo, dan jenis transaksi di akun BambiDeal. Foto: Didik Purwanto
Tampilan BD Wallet, sisa saldo, dan jenis transaksi di akun BambiDeal. Foto: Didik Purwanto

Untuk mendapatkan voucher diskon setelah membeli, BambiDeal akan memberikan voucher elektronik (e-voucher) yang akan dikirimkan melalui e-mail. Cara ini cukup praktis dibandingkan harus mencetak voucher dalam bentuk fisik.

Jadi saat ke Waterbom PIK, aku hanya membeli tiket masuk melalui BambiDeal.id, lalu voucher diskon dikirimkan melalui e-mail.

Tampilan Voucher elektronik BambiDeal yang dikirim ke e-mail. Cukup tunjukkan voucher tersebut ke merchant. Foto: Didik Purwanto
Tampilan Voucher elektronik BambiDeal yang dikirim ke e-mail. Cukup tunjukkan voucher tersebut ke merchant. Foto: Didik Purwanto

Pas di pintu masuk Waterbom PIK, kita cukup membuka sisipan di email berupa e-voucher yang sudah dikirimkan. Cukup dipindai di pintu masuk, kita sudah bebas menikmati wahana Waterbom PIK dengan harga murah meriah dari BambiDeal.id.

Banyak voucher diskon di BambiDeal. Segera kunjungi website dan instagramnya. Foto: Bambideal.id
Banyak voucher diskon di BambiDeal. Segera kunjungi website dan instagramnya. Foto: Bambideal.id

Penasaran dengan deal voucher kupon lainnya? lekas kunjungi BambiDeal.id sebelum kehabisan.

 

Please follow and like us:
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Rumah Hobbit di Bantul. Sumber foto: Panduanwisata.id
5 Wisata Rumah Hobbit Instagramable

Indonesia selalu menyimpan keelokan alam yang menakjubkan. Segenap keindahan alam Indonesia dapat disaksikan melalui keberagaman tempat wisata yang seakan tidak...

Close