Berlibur ke luar negeri tentu memiliki pengalaman tersendiri. Apalagi negeri itu belum pernah kita datangi.

Travel Blogger Marischka Prudence mengatakan, traveling ke luar negeri tentu membutuhkan biaya cukup besar, tak terkecuali Australia. Namun bukan berarti biaya tidak bisa ditekan. “Asal mau sedikit repot, semua bisa diatasi,” katanya saat peluncuran Sobat Jalan #AussieBanget bersama Tiket.com dan Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Senin (20/3).

Travel Blogger Marischka Prudence
Travel Blogger Marischka Prudence

Mantan jurnalis televisi swasta ini mengatakan, tiket selalu menjadi urusan utama untuk traveling. Ia sempat mencari tiket penerbangan Jakarta-Perth untuk bulan April nanti. Saat berangkat membutuhkan tiket pesawat sekitar Rp 2,1 juta dan balik ke Jakarta sekitar Rp 2,4 juta.

“Jadi bisa di bawah Rp 5 juta asal kalian tidak masalah memakai maskapai berbeda. Apalagi penerbangan Jakarta-Perth hanya empat jam,”ujarnya.

Ia juga menyarankan untuk traveling bersama teman agar bisa saling membantu saat kesusahan. Namun bukan berarti traveling perdana ke luar negeri tak asyik bila dilakukan sendiri.

“Jika pergi bersama-sama, tentu biaya akan lebih murah. Misal bisa berbagi biaya penginapan, membeli makanan dengan porsi besar untuk dimakan bersama, atau menyewa mobil untuk roadtrip,”ujarnya.

Urusan penginapan, banyak ditemukan penginapan murah di luar negeri, meski di Australia sekalipun. Ia terbantu dengan keberadaan aplikasi Tiket.com yang sudah bekerja sama dengan online travel terkemuka di Australia untuk menyediakan berbagai penginapan murah.

Urusan makanan, Australia pun sudah ramah terhadap wisatawan, khususnya dari Indonesia karena mayoritas muslim. Jika bingung mencari restoran halal, usahakan mencari restoran Malaysia atau Asia karena kebanyakan restoran tersebut menyediakan makanan halal.

Jika ingin ke restoran western, pastikan bertanya ke pramusaji apakah menu tersebut mengandung pork (babi) atau sejenisnya. “Jangan khawatir, asal mau sedikit repot untuk bertanya, semua bisa diatasi,” katanya.

Bahkan urusan petunjuk jalan. Di Australia sudah menyediakan petunjuk yang jelas. Kualitas jalannya juga bagus. Marischka pun sempat bertemu dengan orang Australia yang ternyata fasih berbahasa Indonesia saat self check-in di bandara.

“Ternyata dia pernah tinggal di Bali selama 12 tahun. Saya kaget juga dia bisa bahasa Indonesia. Ini bisa menjadi pengobat kangen saat di luar negeri bisa ketemu dengan orang yang pernah tinggal di Indonesia,” ujarnya.

Dari kiri: Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson, Co-Founder dan CCO Tiket.com Gaery Undarsa, travel blogger Marischka Prudence berbincang saat peluncuran Sobat Jalan #AussieBanget di Hotel Atlet Senayan, Jakarta, Senin (20/3). Foto: Didik Purwanto
Dari kiri: Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson, Co-Founder dan CCO Tiket.com Gaery Undarsa, travel blogger Marischka Prudence dan pemenang Sobat Jalan Muhammad Abdul Ghani berbincang saat peluncuran Sobat Jalan #AussieBanget di Hotel Atlet Senayan, Jakarta, Senin (20/3). Foto: Didik Purwanto

Muhammad Abdul Ghani sebagai pemenang kontes foto Sobat Jalan #AussieBanget memberikan saran untuk menyediakan adapter khusus. “Di Australia, colokan listrik berlubang tiga sehingga perlu adapter karena berbeda dengan di Indonesia,” katanya.

Jangan lupa untuk selalu menyimpan kontak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Australia untuk memudahkan bila terjadi sesuatu. Jika muslim, gunakan aplikasi kompas untuk menentukan arah kiblat.

Soal destinasi wisata, kalian bisa mencari referensi tempat wisata yang sesuai keinginan. Jika mengunjungi Perth dan Brisbane, Kedutaan Besar Australia menyarankan untuk mengunjungi destinasi ini:

Margaret River

Margaret River kota kecil di sebelah Kota Perth. Kota ini setiap tahun dikunjungi sekitar 500 ribu wisatawan. Letaknya yang berdekatan dengan Samudera Hindia, membuat kota ini memiliki suhu lembab.

Berbagai aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di Margaret River antara lain eco-adventures, hiking, menaiki mercusuar yang terletak di pantai, sampai mengamati paus di lautan lepas.

Mammoth Cave

Berjarak sekitar 21 kilometer ke arah selatan Margaret River, terdapat sebuah gua yang cukup besar. Goa ini bernama Mammoth Cave, yang konon merupakan goa batu gamping terbesar di Australia bagian barat.

Gua ini memiliki panjang 500 meter dan kedalaman 30 meter. Jika Anda mengunjungi gua ini, jangan kaget apabila Anda menemukan salah satu batu yang menyerupai fosil hewan purbakala.

Gnarabup Beach

Masih berada di sekitar Perth dan Margaret River, terdapat sebuah pantai yang cantik dan sayang untuk dilewatkan. Pantai ini bernama Gnarabup Beach yang dijuluki warga sekitar sebagai pantai terpanjang dan yang paling populer untuk berenang.

Dengan pasir berwarna keemasan dan pemandangan lepas Samudera Hindia, pantai ini wajib Anda kunjungi bila berkunjung ke Perth.

Kangaroo Point Cliffs

“Salah satu aktivitas menantang yang saya lakukan di Brisbane adalah abseiling atau menuruni tebing dengan seutas tali,“ ujar travel blogger Indonesia, Marischka Prudence.

Aktivitas abseiling ini bisa Anda coba di Kangaroo Point Cliffs yang terletak di Brisbane. Tempat ini merupakan sebuah tebing yang termasuk dijaga dan dilindungi pemerintah setempat. Selain abseilng, Kangaroo Point Cliffs juga dikenal sebagai rumahnya para rockclimbers di Australia bagian utara.

Lone Pine Koala Sanctuary

Tempat ini tidak bisa Anda lewatkan begitu saja, karena merupakan salah satu landmark pariwisata di Brisbane. Lone Pine Koala Sanctuary, begitu nama tempat ini. Tempat ini menjadi lokasi perlindungan koala terbesar dan tertua di dunia.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda akan dikenai biaya tiket sebesar 36 dolar Australia (Rp 370 ribu) untuk dewasa dan 24 dolar Australia (Rp 250 ribu) untuk pelajar. Anda juga bisa berfoto dengan hewan imut ini, namun akan dikenai biaya tambahan lagi.

Selamat berkunjung ke Australia..

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
CCO Tiket.com Gaery Undarsa memberikan kenangan kepada Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson ditemani travel blogger Marischka Prudence saat peluncuran Sobat Jalan #AussieBanget di Hotel Atlet Senayan, Jakarta, Senin (20/3). Foto: Didik Purwanto
Cara Unik Australia Promosi Wisata

Traveler kini mulai mencari destinasi unik dan terjangkau di luar negeri. Australia sebagai salah satu tetangga Indonesia mulai melirik potensi...

Close