Akhir pekan biasanya paling menarik untuk hunting kuliner. Mulai dari kuliner pinggir jalan hingga di pusat perbelanjaan.

Kali ini, pencarian menu kuliner menuju ke Jakarta Timur. Emang ada kuliner keren di Jakarta Timur? Aku sempat bertanya-tanya ke teman karena biasanya kuliner keren selalu di Jakarta Pusat, Selatan hingga Barat.

Namun pandanganku ternyata salah. Ada juga kuliner seru di Jakarta Timur, yakni di Food Garden Jakarta Garden City. Tempat ini hanya sekitar 3,4 kilometer dari Kelapa Gading. Nantinya juga akan dibangun pusat perbelanjaan Aeon dan IKEA. Woww

Foto aerial Jakarta Garden City. Foto: Dokumen Jakarta Garden City
Foto aerial Jakarta Garden City. Foto: Dokumen Jakarta Garden City

Aku pun mencoba mencari tahu di mana lokasi kuliner seru tersebut. Berbekal Google Maps, lokasi kuliner baru di Jakarta Timur ini tak terlalu jauh dari tempat tinggalku di Salemba.

Dari penelusuran Maps, jarak Salemba ke Jakarta Garden City sekitar 17 kilometer. Kebetulan, saat itu cuaca sedang terik dan terkadang bisa hujan seketika.

Akhirnya, aku memutuskan naik ojek karena hanya membayar Rp 16 ribu sekali jalan. Aku malas memakai sepeda motor karena kebetulan lagi marak operasi tilang (kebetulan SIM lagi mati, jadi aku tidak mau berdebat dengan polisi atau harus membayar Rp 500 ribu atau menyuap ke polisi) hahahaha…

Dengan naik ojek, aku lebih leluasa memandang kondisi sekalian ambil video menuju Jakarta Garden City, apalagi aku belum pernah ke kawasan tersebut.

Ternyata rute menuju Jakarta Garden City mudah, hanya harus bersabar dengan kemacetan menuju lokasi. Untungnya, lokasi Jakarta Garden City sangat sejuk karena sepanjang kawasan perumahan masih banyak rawa atau bekas persawahan, selain sudah mulai dipenuhi perumahan.

Contoh gambar perumahan kluster shinano di Jakarta Garden City Cakung Jakarta Timur. Foto: Dokumen Jakarta Garden City
Contoh gambar perumahan kluster shinano di Jakarta Garden City Cakung Jakarta Timur. Foto: Dokumen Jakarta Garden City

Memang Jakarta Garden City dikembangkan PT Modernland Realty Tbk sebagai kawasan one stop living karena memiliki fasilitas lengkap dan merupakan kawasan sunrise property. Kawasan ini sedang berkembang dan terus membangun sehingga menghasilkan investasi tinggi di masa depan.

Kebetulan, aku juga sedang mencari rumah. Jadi kuliner ke lokasi ini sekaligus survei mencari tempat investasi. Siapa tahu ketemu rumah idaman yang cocok dengan hati. Iya kan? hehehe..

Kondisi Food Garden saat dibangun PT Modern Realty Tbk. Foto: Dokumen Jakarta Garden City
Kondisi Food Garden saat dibangun PT Modern Realty Tbk. Foto: Dokumen Jakarta Garden City

Kembali ke urusan makanan, kuliner seru di Food Garden Jakarta Garden City ini merupakan fasilitas baru di Jakarta Garden City berupa kuliner nusantara dan mancanegara. Pusat kuliner ini akan buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Cocok buat anak muda atau keluarga nongkrong sembari menikmati kudapan seru.

Saat mengunjungi pusat kuliner tersebut, Food Garden baru dibuka 18 Maret 2017. Jadi sekaligus menjadi bagian pertama untuk mencoba pusat kuliner seru itu.

Parade musik band mengiringi pembukaan Food Garden di Jakarta Garden City. Foto: Didik Purwanto
Parade musik band mengiringi pembukaan Food Garden di Jakarta Garden City. Foto: Didik Purwanto

Di sini, 19 tenant akan menjamu para pemburu kuliner. Untuk yang suka menu nusantara bisa mencoba Ayam Bebek Kremes, Soto Kudus, Depot Karebosi, Ayam Goreng Karawaci, Daeng Bersaudara Khas Bugis Makassar hingga Nasi Timbel Parahyangan.

Ada juga Kedai Baksoku, Soto Susu JG, Cwie Mie Malang, Selera Nusantara, Rumah Rawon, Dapur Nyah Rita, K&A Restaurant, dan Putra Kenanga.

Untuk yang suka menu mancanegara bisa mencoba Ramen 38, Brandt’s Atelier, Djabrew Cafe, Cafe Tok Tong dan Publika.

Kuliner seru di Food Garden Jakarta Garden City ini dibangun di atas lahan seluas 1,7 hektare. Memang beberapa tenant belum siap operasi namun sudah memasang spanduk di depan.

Ruang usaha ini difungsikan sebagai area food and beverage center dengan konsep alfresco, artinya konsumen dapat makan di ruangan terbuka. Namun bagi yang ingin di dalam ruangan juga ada, termasuk ruangan berpendingin udara (AC).

Bangunan Food Garden ini berbentuk huruf U yang dikelilingi area parkir dan taman bermain anak. Tentunya, anak akan betah bermain sambil orangtua menikmati kuliner seru di Jakarta Garden City ini.

Bagi yang muslim, jangan khawatir karena Food Garden juga memiliki mushola yang terletak di lorong sebelah kanan. Tempat beribadah ini juga berdampingan dengan toilet yang nyaman dan bersih.

Konsep menikmati makanan yang terbuka dan ada tempat bermain anak. Foto: Didik Purwanto
Konsep menikmati makanan yang terbuka dan ada tempat bermain anak. Foto: Didik Purwanto

Saat itu, aku mencoba menu di Nasi Timbel Parahyangan. Aku tertarik mencoba makanan nusantara ini karena di depan tenant tertulis spanduk Es Bakso Jelly. Maklum aku datang ke Food Garden tepat jam makan siang dan matahari sedang terik bersinar.

Mencoba sesuatu yang segar sepertinya enak. Aku pun memesan Es Bakso Jelly itu. Ternyata menu itu berupa jelly yang dibentuk seperti bulatan bakso yang dicampur sirup dan es. Rasanya segar saat dinikmati sembari mengusap peluh karena terik. Semangkuk menu ini dihargai Rp 15 ribu.

Jelly yang dibentuk serupa bakso ditambah sirup dan es batu. Foto: Didik Purwanto
Jelly yang dibentuk serupa bakso ditambah sirup dan es batu. Foto: Didik Purwanto

Untuk menu utama, aku memesan sayur asam dan tahu tempe. Sengaja aku memesan kuliner nusantara karena ingin merasakan menu otentik. Biasanya kalau menu nusantara sudah disajikan istimewa dan enak, otomatis yang mancanegara tentu lebih enak.

Menu sayur asam di Nasi Timbel Parahyangan, Food Garden, Jakarta Garden City. Foto: Didik Purwanto
Menu sayur asam di Nasi Timbel Parahyangan, Food Garden, Jakarta Garden City. Foto: Didik Purwanto

Dan ternyata pandanganku benar. Menu sayur asam yang kurang dari Rp 15 ribu itu enak sekali. Kadang, di kawasan perumahan elit seperti Jakarta Garden City menyediakan menu dengan harga yang mahal. Namun saat berkeliling dan mencoba beberapa masakan, ternyata harga menu yang ditawarkan masih ramah di kantong. Cukup dengan Rp 50 ribu pun sudah bisa kenyang.

Tertarik mencoba?

Food Garden Jakarta Garden City bisa dilihat melalui:

Facebook: Jakarta Garden City

Twitter: @JKT_GardenCity

Instagram: @jakartagardencity

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Penjual buah dan olahannya di Damnoen Saduak. Foto: Didik Purwanto
Warteg Enak di Damnoen Saduak

Wisata kuliner di Thailand memang tidak akan ada habisnya. Di setiap sudut kota selalu ditemukan makanan unik dan kita akan...

Close