Sumber foto: askideas.com
Sumber foto: askideas.com

Bangkok, Ibu Kota Thailand telah mengalahkan London sebagai destinasi wisata paling populer di dunia tahun ini. Data tersebut diambil dari laporan perusahaan pembayaran global MasterCard.

Pariwisata telah menjadi salah satu kontributor tertinggi bagi perekonomian Thailand. Sebelumnya, perekonomian terbesar kedua di Asia Tenggara ini tertekan akibat konsumsi masyarakat dan ekspor melemah.

Apalagi setelah dampak kudeta militer pada 2014 yang memicu penurunan berbagai sektor ekonomi Thailand.

Ledakan bom yang terjadi di Bangkok beberapa waktu lalu sempat menekan industri pariwisata setempat, namun itu tak lama sehingga berdampak terbatas pada perekonomian Thailand.

Bangkok yang juga dikenal sebagai kota malaikat menduduki puncak dari 132 kota yang masuk indeks destinasi wisata terpopuler versi MasterCard. Bangkok mengalahkan London, Paris, dan Dubai sebagai kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan internasional.

“Ini bukan tiba-tiba. Bangkok berada dalam posisi kuat untuk menjadi destinasi wisata utama dalam waktu yang lama,” kata Kepala Ekonom MasterCard Yuwa Hedrick-Wong.

“Berwisata ke Thailand sangat hemat, terutama bagi pengunjung yang datang dari negara-negara berpenghasilan tinggi.”

Thailand mengharapkan jumlah wisatawan mencapai 33 juta orang tahun ini, khususnya terdongkrak akibat kunjungan wisatawan dari China.

Bangkok diproyeksikan menerima 21,47 juta wisatawan internasional tahun ini, mengalahkan London yang hanya menerima 19,88 juta wisatawan.

“Polusi memicu wisatawan enggan tinggal di sebuah destinasi wisata dalam jangka panjang, tapi soal makanan tiada duanya,” kata James Donnelly (31 tahun), turis Inggris yang mengunjungi Bangkok sebelum ke Vietnam.

Di tempat lain di Asia, Osaka sebagai salah satu kota di Jepang mampu menunjukkan pertumbuhan terkuat terkait pengunjung internasional selama tujuh tahun terakhir. Osaka mampu menarik wisatawan dari negara-negara tetangga, khususnya China dan Korea Selatan.

Ibu Kota Inggris telah memuncaki daftar destinasi favorit dunia tahun lalu. Namun MasterCard tidak mengatakan alasan penurunan jumlah wisatawan ke London tahun ini. London terkenal sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan internasional karena sejarahnya.

Sumber: CNBC

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Menikmati Bukit S J88 (Bukit di atas awan) di Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember). Foto: Totok Agung Prasetyo
Jember Kota Baper

Jember adalah kota Baper. Entah sudah berapa juta orang yang jatuh hati pada kota ini. Kota yang entah bagaimana caranya...

Close